Minggu, 07 April 2013

Latihan Soal Menghadapi UTS


Bahan-bahan Ulangan Tengah Semester
Bahan Soal Teori
1. Struktur Fisik Puisi (Di Blog ini ada catatannya)
2. Struktur Batin Puisi (Di Blog ini ada catatannya)
3. Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Kalimat Tidak Langsung (Buku PR hal 79-80)

Bahan Soal dari Bacaan
1. Menyimpulkan pendapat narasumber dalam wawancara
2. Membaca Kutipan Buku Biografi
3. Menceritakan Tokoh Idola
4. Menulis Puisi
5. Membaca Informasi yang terdapat dalam tabel
6. Membaca Kutipan Cerita Anak/Cerita Pendek


Bapak Hanya menyediakan 30 soal latihan saja. Karena pada dasarnya, 30 Soal latihan ini sudah mencakup secara lengkap pola-pola soal UTS besok Senin.

Berlatihlah terus dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkan nilai yang sempurna!
Untuk Kunci Jawabannya Silahkan Kamu Klik "Kunci Jawaban" berwana kuning sebelah kanan halaman ini.
 
Kerjakanlah Latihan-Latihan Soal Berikut Ini 
1. Bacalah Kutipan Buku Biografi Berikut ini! 
Pramoedya memutuskan pergi ke Jakarta setelah ibunya meninggal. Di Jakarta, Pram melanjutkan sekolah ke tingkat pendidikan lanjutan di Taman Dewasa (setingkat SMP) Perguruan Taman Siswa. Setelah itu, ia bersekolah di Sekolah Stenografi (1944-1945) dan Sekolah Tinggi Islam Jakarta (1945). Sembari bersekolah, Pram bekerja sebagai juru ketik di kantor berita Jepang, Domei. Meskipun hanya juru ketik, Pram berusaha menambah wawasannya dengan membaca semua berita yang masuk ke meja redaksi. 
Hal yang dapat diteladani dari Pramoedya dalam kutipan buku biografi di atas adalah ...
A. Sebagai juru ketik, Pramoedya bekerja sebaik mungkin.
B. Pramoedya merantau ke Jakarta jauh dari kampung halaman untuk menuntut ilmu.
C. Pramoedya bekerja sebagai juru ketik di kantor berita Jepang, Domei.
D. Pramoedya selalu menambah wawasan dengan membaca berita.

“Di pertandingan final nanti, tim kami pasti akan menampilkan performa yang terbaik,” kata Luis kepada wartawan Bola.
2. Kalimat di atas bila diubah ke dalam bentuk kalimat tidak langsung, menjadi ....
A. Luis berkata kepada wartawan Bola bahwa di pertandingan final nanti, tim kita pasti akan menampilkan performa yang terbaik.
B. Luis berkata kepada wartawan Bola di pertandingan final nanti, tim mereka pasti akan menampilkan performa yang terbaik.
C. Luis berkata kepada wartawan Bola bahwa di pertandingan final nanti, tim mereka pasti akan menampilkan performa yang terbaik.
D. Luis berkata kepada wartawan Bola bahwa di pertandingan final nanti, tim kami pasti akan menampilkan performa yang terbaik.

 
”Di negara kita, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan,” ujar salah seorang pejabat menteri

3.Kalimat di atas bila diubah ke dalam bentuk kalimat tidak langsung, menjadi ....
A. Salah seorang pejabat menteri berujar bahwa di negara mereka, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan.
B. Salah seorang pejabat menteri berujar bahwa di negara kita, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan.
C. Salah seorang pejabat menteri berujar bahwa di negara kami, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan.
D. Salah seorang pejabat menteri berujar di negara kita, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan.

Perhatikan Soal Berikut untuk nomor 4 dan 5
Daftar Nilai Ulangan Bahasa Prancis SMP Immaculata
Kelas
A
(81-100)
B
(71-80)
C
(61-71)
D
(46-60)
E
(0-45)
9A
12
2
14
2
5
9B
7
8
14
6
0
9C
7
11
10
0
7
4. Pernyataan yang paling tepat dan sesuai dengan informasi yang disajikan dalam tabel daftar nilai di atas adalah ...
A. Siswa kelas 9C yang mendapatkan nilai 61 berjumlah 10 orang
B. Siswa kelas 9B dan 9C yang mendapatkan nilai 81 sama-sama berjumlah 7 orang
C. Kelas yang siswanya paling banyak mendapatkan nilai 80 adalah kelas 9C
D. Kelas yang siswanya paling banyak mendapatkan nilai A adalah kelas 9A


5. Bila yang mendapatkan nilai D dan E harus mengikuti remidi (perbaikan nilai), maka akan diperoleh informasi bahwa ...
A. 6 siswa kelas 9B dan 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 29 siswa kelas 9A tidak.
B. 7 siswa kelas 9A dan 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 28 siswa kelas 9B tidak.
C. 6 siswa kelas 9B harus mengikuti remidi sedangkan 29 siswa kelas 9A dan 29 siswa kelas 9B tidak.
D. 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 28 siswa kelas 9A dan 29 siswa kelas 9B tidak.

Perhatikan kutipan wawancara berikut ini!
Agung : ”Apakah Anda puas dengan kesuksesan tersebut?”
Dani   : ”Tidak. Saya dan Petrus lalu menghubungi World Wide Life (WWF) di Manado. Saya meminta WWF menjenguk kampung saya dan mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) yang benar
6. Kesimpulan kutipan wawancara di atas adalah....
A. Dani tidak puas dengan kesuksesannya.
B. Dani dan Petrus meminta WWF untuk mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) penyu yang benar.
C. WWF meminta Dani untuk mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) yang benar.
D. Dani meminta WWF untuk mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) penyu yang benar. 

 7. Bacalah Kutipan Teks Berikut dengan cermat
Sebenarnya flash disk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flash disk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 Mega Bytes, sebuah flash disk mampu menyimpan data mulai 32 Mega Bytes sampai dengan 2 Giga Bytes, bergantung pada berapa kapasitasnya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah....
A. Perbandingan fungsi flash disk dan disket
B. Penyimpanan data dalam flash disk dan disket
C. Pembiasaan menyimpan data dalam disket
D. Pembagian fungsi disket

8. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
(1)Waktu itu gerobak terus menyusuri kampung dengan kelontangnya yang terkenal. (2) Batu-batu di jalan itu menyebabkan suaranya nyaring dan keras. (3) Anak saya tak mau tidur lagi.
(4)”Kapan kita pindah? Pindah kerja atau pindah rumah yang tenang?” Istri saya mendesak lagi.
(5)”Kuminta kau tenang, Irma. Biarlah anak ini saya yang menidurkan kalau terbangun. Kau boleh tidur saja terus. Silakan.”
(6)”Bagus! Coba sampai kapan kau kuat mengerjakan itu. Bangun malam dan mengemban anak sampai berjam-jam,” kata istri saya. Dan ia pun kembali tidur.
Bukti watak penyabar pada tokoh saya terdapat pada kalimat nomor ...
A. (3)                                C. (5)
B. (4)                                D. (6)

9. Perhatikan dengan cermat kutipan cerita anak berikut ini!
”Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G seperti milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun pintu dengan keras.
 Realitas perilaku kehidupan anak-anak sekarang yang tercermin dari kutipan cerita anak di atas adalah ...
A. Perilaku anak yang membantah perintah orang tua
B. Perilaku anak yang ingin tampil beda dari teman-temannya
C. Perilaku anak SMP yang ingin tampil seperti anak-anak SMA
D. Perilaku anak yang ingin segala permintaannya harus segera dipenuhi orang tua


10. Bacalah Kutipan Puisi Berikut!
Kenari Tua
Daun-daunmu berguguran
Manusia hilir mudik tak peduli
Saat tukang sapu datang
Menyibak kulitmu yang menguning
Kurasakan kau semakin tua
Adakah kelak pelindung kota
Penyejuk hawa
Pengganti dirimu yang semakin tua
Isi puisi di atas menceritakan ….
A. Keadaan pohon pelindung yang tua 
B. Kesedihan seorang penyair melihat pohon tua
C. Doa seorang penyair kepada pohon tua 
D. Kemarahan seorang penyair

11. Bacalah Kutipan Puisi Berikut Ini!
Saat tiba di puncak gunung
Aku bernyanyi dengan suara alam
….
Suaraku hilang dalam udara
Dalam sepi yang beralun-alun
Larik yang tepat untuk melengkapi bagian puisi yang rumpang tersebut adalah ….
A. Lambat laun suara tidak terdengar
B. Membawa kekeringan 
C. Bertiup di lereng bukit
D. Seperti bayangan hidup

12. Bacalah cerita di bawah ini dengan seksama!
Di bawah pohon kersen, Rana masih menunggu mama. Sejak pulang sekolah sampai sore, seragam putih merah masih melekat di tubuh mungilnya. Matahari menyinari pelataran bumi Allah dengan cahaya kuning. Bayangan kelam pohon kersen meneduhkan si kecil. Lalu-lalang kendaraan yang mengepulkan asap pekat bukan persoalan bagi Rana. Debu menderu terpingkal menerjang, bukan masalah baginya untuk tetap setia menunggu sampai mama pulang.
Perasaan yang tergambar dalam tokoh Rana tersebut yaitu ….
A.Sedih
B. Cemas 
C. Khawatir
D. Sabar

13. Bacalah Kutipan Cerita Berikut!
Pulang. Apakah yang dapat lebih menggelorakan hati daripada mengalami pertemuan dengan keluarga kembali? Ibunya sayang, wajahnya yang bersih dan pandangannya yang menenteramkan, rambutnya yang telah separuh putih, matanya yang hitam sejuk itu, apa yang bisa terjadi selama tujuh tahun ini? Betapa pula wajah ayahnya yang telah tua itu, wajah yang berkerut-kerut dengan alis kelabu yang tebal, menutupi matanya yang kecil, dan telah bersembunyi jauh ke dalam. Tujuh tahun. Apa gerangan yang bisa diberikan oleh waktu sepanjang itu kepada adiknya, Sumi, satu-satunya yang tercinta di bumi ini? Ia tidak dapat membayangkan, dan itulah yang mengisi setiap napasnya kini, dengan gita harap dan kecemasan.
Dari penggalan cerpen di atas, kita bisa mengetahui perasaan yang sedang dialami tokoh adalah ...
A. Sangat tenteram
B. Merasa cemas
C. Tidak ingin bertemu ayahnya

D. Merindukan keluarganya

14. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang memiliki unsur intrinsik. Unsur intrinsik puisi itu sendiri masih terbagi menjadi struktur fisik dan struktur batin puisi. Struktur fisik itu sendiri meliputi ....
A. Amanat, Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Tema, dan Tipografi
B. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Rima, dan Tipografi
C. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Tema, dan Tipografi
D. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Nada, dan Tipografi

15. Bacalah Pernyataan Tokoh Idola Berikut!
Nama lengkapnya adalah Hana Zahra Aticha. Ia duduk di kelas VII A. Dia menjadi ketua kelas. Oleh teman-temannya sekelas, ia dijadikan idola. Selain pandai, ia ramah, suka membantu teman yang mengalami kesulitan, dan memiliki kepemimpinan yang demokratis.
Berdasarkan kutipan teks di atas, yang tidak termasuk alasan seorang siswa mengidolakan Hana Zahra Aticha adalah....
A. Ia ketua kelas
B. Ia ramah
C. Ia anak orang kaya
D. Ia suka membantu teman

16. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1.   Menyimpulkan jawaban yang telah diubah menjadi kalimat dalam satu paragraf yang runtut dan padu.
2.   Mendata dengan cermat jawaban yang dikemukakan narasumber.
3.   Menyimak wawancara dengan seksama.
4.   Mengubah jawaban yang telah didata menjadi kalimat yang baik.
Langkah-langkah yang tepat dalam menyimpulkan pendapat narasumber adalah ....
A. 2 – 3 – 1 – 4
B. 3 – 2 – 4 – 1
C. 3 – 2 – 1 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1

17. Bacalah ilustrasi berikut dengan seksama
Hari Minggu aku dan keluarga berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenekku berada di dekat bukit hijau. Perjalananku menuju rumah nenek sangat mengasyikkan. Jalan yang aku lalui berkelok-kelok. Hamparan sawah membentuk bak permadani hijau terhampar luas. Aku benar-benar menikmati perjalananku kali ini.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pesona bukit hijau memukauku
Jalan berkelok-kelok
Permadani hijau tergelar luas
Aku senang melihatmu

B. Bukit hijau nan indah
Tersapu kabut tebal
Menambah indahnya pemandangan
Aku terpukau menyaksikannya

C. Hamparan sawah nan hijau
Bak permadani luas
Petani memanen tanaman mereka
Aku takjub atas karunia-Mu

D. Alangkah ngeri perjalananku
Jalan berkelok-kelok
Sawah terhampar luas
Banyak jurang di sekelilingku
Sungguh ngeri

18. Susunan kata di dalam puisi yang dapat membuat pembacanya turut merasakan pengalaman indrawi, yakni dapat turut melihat (penglihatan), meraba (perabaan), mendengar (pendengaran), mencium (penciuman), dan mengecap (pengecapan) disebut ....
A. Tipografi
B. Diksi
C. Citraan
D. Kata Konkret

19. Bacalah kutipan teks berikut ini dengan cermat
Hutan mempunyai fungsi yang sangat berguna untuk kehidupan dan penghidupan manusia. Hutan berfungsi menyimpan dan mengatur air, mengawetkan tanah, menghasilkan hasil hutan, dan memperindah alam. Jika hutan tidak berfungsi secara wajar, akan mendatangkan bahaya dan bencana bagi manusia, seperti banjir dan kekeringan.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Tidak berfungsinya hutan secara wajar akan membahayakan umat manusia.
B. Fungsi hutan untuk mengatur air dan mengawetkan tanah.
C. Fungsi Hutan bagi kehidupan dan penghidupan manusia.
D. Hutan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

20. Perhatikan tabel berikut ini dengan cermat
Tabel Penggunaan Lahan Sawah dan Bukan Lahan Sawah di Jawa Tengah
Tahun
Lahan Sawah
Bukan Lahan Sawah
1999
1.002.306 Ha
2.252.106 Ha
2000
998.008 Ha
2.252.404 Ha
2001
999.136 Ha
2.255.276 Ha
2002
998.456 Ha
2.255.956 Ha
2003
995.469 Ha
2.258.943                 
 
Kesimpulan yang tepat berdasarkan tabel di atas adalah....
A. Dalam periode tahun 1999-2003 jumlah penggunaan lahan sawah di Jawa Tengah terbesar terjadi pada tahun 2001.
B. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan sawah di Jawa Tengah terkecil terjadi pada tahun 2003.
C. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan bukan sawah di Jawa Tengah terbesar terjadi pada tahun 2001.
D. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan bukan sawah di Jawa Tengah terkecil terjadi pada tahun 2002.

21. Cermati Kutipan Puisi Berikut dengan Cermat

Dalam bergoyang sambut menyambut
Menyatukan embun jernih warnanya
Menimpa bumi, beruap dan lembut
Sebagai benda tiada berguna

Kutipan puisi di atas dikembangkan dengan citraan ....
A. Pendengaran
B. Penglihatan
C. Perabaan
D. Perasaan

22. Penjedaan yang tepat dalam pembacaan bait puisi berikut ini adalah ....
A. Aku tahu keresahan / jiwamu//
Namun ingat //
Hidup bukan untuk / direnungi //
Hidup harus / dilandasi perjuangan //

B. Aku / tahu keresahan / jiwamu//
Namun ingat //
Hidup / bukan / untuk / direnungi //
Hidup / harus / dilandasi / perjuangan //

C. Aku tahu / keresahan jiwamu //
Namun / ingat //
Hidup / bukan direnungi //
Hidup / harus dilandasi perjuangan //

D. Aku tahu / keresahan jiwamu //
Namun ingat /
Hidup / bukan untuk direnungi //
Hidup / harus dilandasi / perjuangan //


23. Perhatikan dengan cermat tabel berikut
Tabel Harga Tiket Masuk Stadion Nasional
Kategori
Harga
(Rupiah)
VVIP
1.250.000
VIP
800.000
Kelas 1
500.000
Kelas 2
350.000
Kelas 3
175.000


Aldi, Thomas, dan Rino akan menonton pertandingan final sepakbola di Stadion Nasional. Aldi membawa uang Rp1.300.000, Thomas Rp675.000, dan Rino Rp495.000. Berdasarkan informasi harga tiket masuk Stadion Nasional di atas, maka kemungkinan yang paling masuk akal adalah ...
A. Thomas membeli tiket kelas 1, Rino membeli tiket kelas 1, dan Aldi membeli tiket VVIP
B. Aldi membeli tiket kelas 1, Thomas membeli tiket kelas 1, dan Rino membeli tiket kelas 2
C. Rino membeli tiket kelas 2, Aldi membeli tiket VVIP, dan Thomas membeli tiket VIP
D. Aldi membeli tiket VIP, Thomas membeli tiket VIP, dan Rino membeli tiket kelas 1

24. Perhatikan Pernyataan Berikut Ini!
Daniel sedang jatuh cinta kepada Viska. Akan tetapi, dia tidak berani menyatakan cintanya secara langsung kepada Viska. Dia hanya berani titip salam cinta melalui sahabatnya, Riko, ”Rik, aku titip salam untuk Viska, katakan kalau aku sangat mengaguminya”
Kalimat yang tepat yang harus disampaikan oleh Riko kepada Viska adalah ....
A. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya aku sangat mengagumimu.
B. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya dia sangat mengagumimu.
C. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya kami sangat mengagumimu.
D. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya dia sangat mengaguminya.

25. Cermati kutipan puisi berikut ini!
Karena Kasih-Mu
Engkau tentukan waktu
Sehari lima kali bertemu
            Aku ingin rupa-Mu
            Kulebihi sekali
            Sebelum cuaca menali sutera
Suasana yang tergambar pada puisi di atas adalah...
A. Hening
B. Gembira
C. Senang
D. Sedih

26. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lelaki buta itu kemudian mencoba naik kembali ke jalan. Anak-anak itu membantunya dengan menarik tangan Lek War. Kali ini ia tidak menolak bantuan tersebut. Anak-anak juga membantu mengambilkan sandal jepitnya dan memasangkannya di kakinya. Ia mulai tampak menggigil kedinginan karena hampir seluruh tubuhnya basah. Untung selokan itu tidak berisi air comberan, tapi air irigasi untuk mengairi puluhan petak sawah di sebelah selatan kampung itu.
Latar tempat peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Jalan raya
B. Sawah
C. Kampung
D. Selokan

27. Perhatikan dengan cermat kutipan cerita anak berikut ini!
”Ibu duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya.
”Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
”Bu ... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.
Gambaran kehidupan yang tercermin dalam kutipan cerita anak tersebut adalah...
A. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
B. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya. 
C. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.
D. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit

28. Salah satu contoh ekspresi marah dalam pembacaan bait puisi adalah ...
A. Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

B. Alirnya sangat tenang, dan perahumu
bergoyang menuju lautan.

C. Tuhanku,
Wajahmu membayang di kota terbakar
dan firmanMu terguris di atas ribuan
kuburan yang dangkal

D. Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu

29. Bacalah Kutipan Cerita Berikut ini!
(1) Kini giliranku memegang senter, menaklukkan semak-semak, kayu berduri, dan batang-batang angkuh di depannya. (2)Setelah sebelumnya dua kawanku secara bergantian telah menyelesaikan pembagian tugas membuka jalan. (3)Ya, ini kesepakatan kami; yang terdepan membuka jalan, di tengah membawa ransel berisi makanan, sedang yang paling belakang membawa matras. (4) Dan ini dilakukan secara bergantian.
 Bukti latar waktu kutipan cerpen di atas terdapat pada kalimat...
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

30. Kata-kata di dalam puisi yang dapat menghadirkan makna atau suasana tertentu di dalam benak pembaca. Misalnya, kata Salju melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup. Unsur ini disebut ....
A. Tipografi
B. Diksi
C. Kata Konkret
D. Citraan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar