Bahan Soal Teori
1. Struktur Fisik Puisi (Di Blog ini ada catatannya)
2. Struktur Batin Puisi (Di Blog ini ada catatannya)
3. Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Kalimat Tidak Langsung (Buku PR hal 79-80)
Bahan Soal dari Bacaan
1. Menyimpulkan pendapat narasumber dalam wawancara
2. Membaca Kutipan Buku Biografi
3. Menceritakan Tokoh Idola
4. Menulis Puisi
5. Membaca Informasi yang terdapat dalam tabel
6. Membaca Kutipan Cerita Anak/Cerita Pendek
Bapak Hanya menyediakan 30 soal latihan saja. Karena pada dasarnya, 30 Soal latihan ini sudah mencakup secara lengkap pola-pola soal UTS besok Senin.
Berlatihlah terus dan jangan berhenti sampai kamu mendapatkan nilai yang sempurna!
Untuk Kunci Jawabannya Silahkan Kamu Klik "Kunci Jawaban" berwana kuning sebelah kanan halaman ini.
Kerjakanlah Latihan-Latihan Soal Berikut Ini
1. Bacalah Kutipan Buku Biografi Berikut ini!
Pramoedya memutuskan pergi ke Jakarta setelah ibunya meninggal. Di Jakarta, Pram melanjutkan sekolah ke tingkat pendidikan lanjutan di Taman Dewasa (setingkat SMP) Perguruan Taman Siswa. Setelah itu, ia bersekolah di Sekolah Stenografi (1944-1945) dan Sekolah Tinggi Islam Jakarta (1945). Sembari bersekolah, Pram bekerja sebagai juru ketik di kantor berita Jepang, Domei. Meskipun hanya juru ketik, Pram berusaha menambah wawasannya dengan membaca semua berita yang masuk ke meja redaksi.
Hal yang
dapat diteladani dari Pramoedya dalam kutipan buku biografi di atas adalah ...
A. Sebagai juru ketik, Pramoedya bekerja sebaik mungkin.
B. Pramoedya merantau ke Jakarta jauh dari kampung halaman
untuk menuntut ilmu.
C. Pramoedya bekerja sebagai juru ketik di kantor berita
Jepang, Domei.
D. Pramoedya selalu menambah wawasan dengan membaca berita.
“Di pertandingan final nanti,
tim kami pasti akan menampilkan performa yang terbaik,” kata Luis kepada
wartawan Bola.
2. Kalimat di atas bila diubah ke dalam bentuk kalimat tidak
langsung, menjadi ....
A. Luis berkata kepada wartawan Bola bahwa di pertandingan
final nanti, tim kita pasti akan menampilkan performa yang terbaik.
B. Luis berkata kepada wartawan Bola di pertandingan final
nanti, tim mereka pasti akan menampilkan performa yang terbaik.
C. Luis berkata kepada wartawan
Bola bahwa di pertandingan final nanti, tim mereka pasti akan menampilkan
performa yang terbaik.
D. Luis berkata kepada wartawan
Bola bahwa di pertandingan final nanti, tim kami pasti akan menampilkan
performa yang terbaik.
”Di negara kita, kekuatan hukum
semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan,” ujar salah seorang
pejabat menteri
3.Kalimat di atas bila diubah ke dalam bentuk kalimat tidak
langsung, menjadi ....
A. Salah seorang pejabat menteri
berujar bahwa di negara mereka, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan
dengan aksi kekerasan.
B. Salah seorang pejabat menteri
berujar bahwa di negara kita, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan
dengan aksi kekerasan.
C. Salah seorang pejabat menteri
berujar bahwa di negara kami, kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan
dengan aksi kekerasan.
D. Salah seorang pejabat menteri berujar di negara kita,
kekuatan hukum semakin lemah bila berhadapan dengan aksi kekerasan.
Perhatikan Soal Berikut untuk nomor 4 dan 5
Daftar
Nilai Ulangan Bahasa Prancis SMP Immaculata
Kelas
|
A
(81-100)
|
B
(71-80)
|
C
(61-71)
|
D
(46-60)
|
E
(0-45)
|
9A
|
12
|
2
|
14
|
2
|
5
|
9B
|
7
|
8
|
14
|
6
|
0
|
9C
|
7
|
11
|
10
|
0
|
7
|
4. Pernyataan yang paling tepat dan sesuai dengan informasi
yang disajikan dalam tabel daftar nilai di atas adalah ...
A. Siswa
kelas 9C yang mendapatkan nilai 61 berjumlah 10 orang
B. Siswa
kelas 9B dan 9C yang mendapatkan nilai 81 sama-sama berjumlah 7 orang
C. Kelas yang
siswanya paling banyak mendapatkan nilai 80 adalah kelas 9C
D. Kelas
yang siswanya paling banyak mendapatkan nilai A adalah kelas 9A
5. Bila yang mendapatkan nilai D dan E harus mengikuti
remidi (perbaikan nilai), maka akan diperoleh informasi bahwa ...
A. 6 siswa kelas 9B dan 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 29
siswa kelas 9A tidak.
B. 7 siswa kelas 9A dan 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 28
siswa kelas 9B tidak.
C. 6
siswa kelas 9B harus mengikuti remidi sedangkan 29 siswa kelas 9A dan 29 siswa
kelas 9B tidak.
D. 7 siswa kelas 9C harus mengikuti remidi sedangkan 28 siswa kelas 9A dan 29
siswa kelas 9B tidak.
Perhatikan
kutipan wawancara berikut ini!
Agung : ”Apakah Anda puas dengan kesuksesan
tersebut?”
Dani : ”Tidak. Saya dan Petrus lalu menghubungi World Wide Life (WWF) di Manado. Saya meminta WWF menjenguk
kampung saya dan mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan)
yang benar
6. Kesimpulan kutipan
wawancara di atas adalah....
A. Dani tidak puas dengan
kesuksesannya.
B. Dani dan Petrus meminta
WWF untuk mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) penyu
yang benar.
C. WWF meminta Dani untuk
mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) yang benar.
D. Dani meminta WWF untuk
mengajarkan cara konservasi (pemeliharaan dan perlindungan) penyu yang benar.
7. Bacalah Kutipan Teks
Berikut dengan cermat
Sebenarnya flash
disk dan disket memiliki fungsi
yang sama, hanya saja flash disk
biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar
dibandingkan
dengan disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar
1,44 Mega Bytes, sebuah flash disk mampu menyimpan data mulai 32 Mega
Bytes sampai dengan 2 Giga
Bytes, bergantung pada berapa kapasitasnya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah....
A. Perbandingan fungsi flash
disk dan disket
B. Penyimpanan data dalam flash disk dan disket
C. Pembiasaan menyimpan data dalam disket
D. Pembagian fungsi disket
8. Perhatikan kutipan cerpen
berikut!
(1)Waktu itu gerobak terus menyusuri kampung dengan
kelontangnya yang terkenal. (2) Batu-batu di jalan itu menyebabkan suaranya
nyaring dan keras. (3) Anak saya tak mau tidur lagi.
(4)”Kapan kita pindah? Pindah kerja atau pindah rumah
yang tenang?” Istri saya mendesak lagi.
(5)”Kuminta kau tenang, Irma. Biarlah anak ini saya yang
menidurkan kalau terbangun. Kau boleh tidur saja terus. Silakan.”
(6)”Bagus! Coba sampai kapan kau kuat mengerjakan itu.
Bangun malam dan mengemban anak sampai berjam-jam,” kata istri saya. Dan ia pun
kembali tidur.
Bukti watak penyabar pada tokoh saya terdapat pada kalimat nomor ...
A. (3) C.
(5)
B. (4) D.
(6)
9. Perhatikan dengan cermat kutipan cerita anak berikut ini!
”Mia tidak
mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G seperti
milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan
masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya
juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih
SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu,
Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini
pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP
ke sofa.
Mama tidak
tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma
kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya
Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting
daun pintu dengan keras.
Realitas perilaku kehidupan
anak-anak sekarang yang tercermin dari kutipan cerita anak di atas adalah ...
A. Perilaku anak yang membantah perintah orang tua
B. Perilaku anak yang ingin tampil beda dari teman-temannya
C. Perilaku anak SMP yang ingin tampil seperti anak-anak SMA
D. Perilaku anak yang ingin segala permintaannya harus
segera dipenuhi orang tua
10. Bacalah Kutipan
Puisi Berikut!
Kenari
Tua
Daun-daunmu
berguguran
Manusia hilir
mudik tak peduli
Saat tukang sapu
datang
Menyibak kulitmu
yang menguning
Kurasakan kau semakin
tua
Adakah kelak
pelindung kota
Penyejuk hawa
Pengganti dirimu
yang semakin tua
Isi puisi di atas
menceritakan ….
A. Keadaan pohon pelindung yang tua
B. Kesedihan seorang penyair melihat pohon tua
C. Doa
seorang penyair kepada pohon tua
D. Kemarahan seorang penyair
11. Bacalah Kutipan Puisi Berikut Ini!
Saat tiba di
puncak gunung
Aku
bernyanyi dengan suara alam
….
Suaraku
hilang dalam udara
Dalam
sepi yang beralun-alun
Larik yang tepat
untuk melengkapi bagian puisi yang rumpang tersebut adalah ….
A. Lambat laun suara
tidak terdengar
B. Membawa kekeringan
C. Bertiup di lereng
bukit
D. Seperti bayangan
hidup
12. Bacalah cerita di bawah ini dengan seksama!
Di bawah pohon
kersen, Rana masih menunggu mama. Sejak pulang sekolah sampai sore, seragam
putih merah masih melekat di tubuh mungilnya. Matahari menyinari pelataran bumi
Allah dengan cahaya kuning. Bayangan kelam pohon kersen meneduhkan si kecil.
Lalu-lalang kendaraan yang mengepulkan asap pekat bukan persoalan bagi Rana.
Debu menderu terpingkal menerjang, bukan masalah baginya untuk tetap setia
menunggu sampai mama pulang.
Perasaan yang
tergambar dalam tokoh Rana tersebut yaitu ….
A.Sedih
B. Cemas
C. Khawatir
D. Sabar
13. Bacalah Kutipan Cerita Berikut!
Pulang.
Apakah yang dapat lebih menggelorakan hati daripada mengalami pertemuan dengan
keluarga kembali? Ibunya sayang, wajahnya yang bersih dan pandangannya yang
menenteramkan, rambutnya yang telah separuh putih, matanya yang hitam sejuk
itu, apa yang bisa terjadi selama tujuh tahun ini? Betapa pula wajah ayahnya
yang telah tua itu, wajah yang berkerut-kerut dengan alis kelabu yang tebal,
menutupi matanya yang kecil, dan telah bersembunyi jauh ke dalam. Tujuh tahun.
Apa gerangan yang bisa diberikan oleh waktu sepanjang itu kepada adiknya, Sumi,
satu-satunya yang tercinta di bumi ini? Ia tidak dapat membayangkan, dan itulah
yang mengisi setiap napasnya kini, dengan gita harap dan kecemasan.
Dari penggalan cerpen di atas,
kita bisa mengetahui perasaan yang sedang dialami tokoh adalah ...
A. Sangat tenteram
B. Merasa cemas
C. Tidak ingin bertemu ayahnya
D. Merindukan keluarganya
14. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang memiliki
unsur intrinsik. Unsur intrinsik puisi itu sendiri masih terbagi menjadi
struktur fisik dan struktur batin puisi. Struktur fisik itu sendiri meliputi
....
A. Amanat, Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas,
Tema, dan Tipografi
B. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Rima, dan
Tipografi
C. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Tema, dan
Tipografi
D. Diksi, Citraan (Imaji), Kata Konkret, Majas, Nada, dan
Tipografi
15. Bacalah Pernyataan Tokoh Idola Berikut!
Nama lengkapnya adalah Hana
Zahra Aticha. Ia duduk di kelas VII A. Dia menjadi ketua kelas. Oleh
teman-temannya sekelas, ia dijadikan idola. Selain pandai, ia ramah, suka
membantu teman yang mengalami kesulitan, dan memiliki kepemimpinan yang
demokratis.
Berdasarkan kutipan teks di atas, yang tidak termasuk alasan seorang siswa
mengidolakan Hana Zahra Aticha adalah....
A. Ia ketua kelas
B. Ia ramah
C. Ia anak orang kaya
D. Ia suka membantu teman
16. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1.
Menyimpulkan
jawaban yang telah diubah menjadi kalimat dalam satu paragraf yang runtut dan
padu.
2.
Mendata
dengan cermat jawaban yang dikemukakan narasumber.
3.
Menyimak
wawancara dengan seksama.
4.
Mengubah
jawaban yang telah didata menjadi kalimat yang baik.
Langkah-langkah yang tepat
dalam menyimpulkan pendapat narasumber adalah ....
A. 2 – 3 – 1 – 4
B. 3 – 2 – 4 – 1
C. 3 – 2 – 1 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
17. Bacalah ilustrasi berikut
dengan seksama
Hari Minggu aku dan
keluarga berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenekku berada di dekat bukit hijau.
Perjalananku menuju rumah nenek sangat mengasyikkan. Jalan yang aku lalui
berkelok-kelok. Hamparan sawah membentuk bak permadani hijau terhampar luas.
Aku benar-benar menikmati perjalananku kali ini.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pesona bukit hijau memukauku
Jalan berkelok-kelok
Permadani hijau tergelar luas
Aku senang melihatmu
B. Bukit hijau nan indah
Tersapu kabut tebal
Menambah indahnya pemandangan
Aku terpukau menyaksikannya
C. Hamparan sawah nan hijau
Bak permadani luas
Petani memanen tanaman mereka
Aku takjub atas karunia-Mu
D. Alangkah ngeri perjalananku
Jalan berkelok-kelok
Sawah terhampar luas
Banyak jurang di sekelilingku
Sungguh ngeri
18. Susunan kata di dalam puisi yang dapat
membuat pembacanya turut merasakan pengalaman indrawi, yakni dapat turut
melihat (penglihatan), meraba (perabaan), mendengar (pendengaran), mencium
(penciuman), dan mengecap (pengecapan) disebut ....
A. Tipografi
B. Diksi
C. Citraan
D. Kata Konkret
19. Bacalah kutipan teks berikut ini dengan cermat
Hutan
mempunyai fungsi yang sangat berguna untuk kehidupan dan penghidupan manusia.
Hutan berfungsi menyimpan dan mengatur air, mengawetkan tanah, menghasilkan
hasil hutan, dan memperindah alam. Jika hutan tidak berfungsi secara wajar,
akan mendatangkan bahaya dan bencana bagi manusia, seperti banjir dan
kekeringan.
Gagasan
utama paragraf di atas adalah ....
A. Tidak berfungsinya hutan secara
wajar akan membahayakan umat manusia.
B. Fungsi hutan untuk mengatur air
dan mengawetkan tanah.
C. Fungsi Hutan bagi kehidupan dan
penghidupan manusia.
D. Hutan sangat berguna bagi
kehidupan manusia.
20. Perhatikan tabel berikut ini dengan cermat
Tabel Penggunaan Lahan Sawah dan Bukan Lahan Sawah di Jawa Tengah
Tahun
|
Lahan
Sawah
|
Bukan
Lahan Sawah
|
1999
|
1.002.306 Ha
|
2.252.106 Ha
|
2000
|
998.008 Ha
|
2.252.404 Ha
|
2001
|
999.136 Ha
|
2.255.276 Ha
|
2002
|
998.456 Ha
|
2.255.956 Ha
|
2003
|
995.469 Ha
|
2.258.943
|
Kesimpulan yang tepat berdasarkan tabel di atas
adalah....
A. Dalam periode tahun 1999-2003 jumlah penggunaan lahan sawah di Jawa Tengah terbesar
terjadi pada tahun 2001.
B. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan sawah di Jawa Tengah terkecil
terjadi pada tahun 2003.
C. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan bukan sawah di Jawa Tengah
terbesar terjadi pada tahun 2001.
D. Dalam periode tahun 1999-2003, jumlah penggunaan lahan bukan sawah di Jawa Tengah
terkecil terjadi pada tahun 2002.21. Cermati Kutipan Puisi Berikut dengan Cermat
Dalam bergoyang sambut
menyambut
Menyatukan embun jernih
warnanya
Menimpa bumi, beruap dan
lembut
Sebagai benda tiada
berguna
Kutipan puisi di atas dikembangkan dengan citraan ....
A. Pendengaran
B. Penglihatan
C. Perabaan
D. Perasaan
22. Penjedaan yang tepat dalam pembacaan bait puisi berikut ini adalah ....
A. Aku
tahu keresahan / jiwamu//
Namun
ingat //
Hidup
bukan untuk / direnungi //
Hidup
harus / dilandasi perjuangan //
B. Aku
/ tahu keresahan / jiwamu//
Namun
ingat //
Hidup
/ bukan / untuk / direnungi //
Hidup
/ harus / dilandasi / perjuangan //
C. Aku
tahu / keresahan jiwamu //
Namun
/ ingat //
Hidup
/ bukan direnungi //
Hidup
/ harus dilandasi perjuangan //
D. Aku
tahu / keresahan jiwamu //
Namun
ingat /
Hidup
/ bukan untuk direnungi //
Hidup /
harus dilandasi / perjuangan //
23. Perhatikan
dengan cermat tabel berikut
Tabel
Harga Tiket Masuk Stadion Nasional
Kategori
|
Harga
(Rupiah)
|
VVIP
|
1.250.000
|
VIP
|
800.000
|
Kelas 1
|
500.000
|
Kelas 2
|
350.000
|
Kelas 3
|
175.000
|
Aldi, Thomas, dan Rino akan menonton pertandingan final
sepakbola di Stadion Nasional. Aldi membawa uang Rp1.300.000, Thomas Rp675.000,
dan Rino Rp495.000. Berdasarkan informasi harga tiket masuk Stadion Nasional di
atas, maka kemungkinan yang paling masuk akal adalah ...
A. Thomas membeli tiket kelas 1, Rino membeli tiket kelas 1,
dan Aldi membeli tiket VVIP
B. Aldi membeli tiket kelas 1, Thomas membeli tiket kelas 1,
dan Rino membeli tiket kelas 2
C. Rino membeli tiket kelas 2, Aldi membeli tiket VVIP, dan
Thomas membeli tiket VIP
D. Aldi membeli tiket VIP, Thomas membeli tiket VIP, dan
Rino membeli tiket kelas 1
24. Perhatikan Pernyataan Berikut Ini!
Daniel sedang jatuh cinta
kepada Viska. Akan tetapi, dia tidak berani menyatakan cintanya secara langsung
kepada Viska. Dia hanya berani titip salam cinta melalui sahabatnya, Riko,
”Rik, aku titip salam untuk Viska, katakan kalau aku sangat mengaguminya”
Kalimat yang tepat yang harus disampaikan oleh Riko kepada Viska adalah
....
A. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya aku sangat mengagumimu.
B. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya dia sangat mengagumimu.
C. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya kami sangat mengagumimu.
D. Vis, ada salam dari Daniel untukmu, katanya dia sangat mengaguminya.
25. Cermati
kutipan puisi berikut ini!
Karena Kasih-Mu
Engkau tentukan waktu
Sehari lima kali bertemu
Aku
ingin rupa-Mu
Kulebihi
sekali
Sebelum
cuaca menali sutera
Suasana yang tergambar pada puisi di atas adalah...
A. Hening
B. Gembira
C. Senang
D. Sedih
26. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Lelaki
buta itu kemudian mencoba naik kembali ke jalan. Anak-anak itu membantunya
dengan menarik tangan Lek War. Kali ini ia tidak menolak bantuan tersebut.
Anak-anak juga membantu mengambilkan sandal jepitnya dan memasangkannya di
kakinya. Ia mulai tampak menggigil kedinginan karena hampir seluruh tubuhnya
basah. Untung selokan itu tidak berisi air comberan, tapi air irigasi untuk
mengairi puluhan petak sawah di sebelah selatan kampung itu.
Latar tempat peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut
adalah ...
A. Jalan raya
B. Sawah
C. Kampung
D. Selokan
27. Perhatikan
dengan cermat kutipan cerita anak berikut ini!
”Ibu
duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan
ibunya.
”Nah,
begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
”Bu
... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu
menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.
Gambaran kehidupan yang tercermin dalam kutipan cerita
anak tersebut adalah...
A. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
B. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya. C. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.
D. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit
28. Salah satu contoh ekspresi marah dalam pembacaan bait
puisi adalah ...
A. Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
B. Alirnya sangat tenang, dan perahumu
bergoyang menuju lautan.
C. Tuhanku,
Wajahmu membayang di kota terbakar
dan firmanMu terguris di atas ribuan
kuburan yang dangkal
D. Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu
29. Bacalah Kutipan Cerita Berikut ini!
(1) Kini giliranku memegang
senter, menaklukkan semak-semak, kayu berduri, dan batang-batang angkuh di
depannya. (2)Setelah sebelumnya dua kawanku secara bergantian telah
menyelesaikan pembagian tugas membuka jalan. (3)Ya, ini kesepakatan kami; yang
terdepan membuka jalan, di tengah membawa ransel berisi makanan, sedang yang
paling belakang membawa matras. (4) Dan ini dilakukan secara bergantian.
Bukti latar waktu kutipan
cerpen di atas terdapat pada kalimat...
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
30. Kata-kata
di dalam puisi yang dapat menghadirkan makna atau suasana tertentu di dalam
benak pembaca. Misalnya, kata Salju melambangkan kebekuan cinta,
kehampaan hidup. Unsur ini disebut ....
A. Tipografi
B. Diksi
C. Kata
Konkret
D. Citraan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar